CONTOH RESUME JURNAL RADIOLOGI


Dalam pendidikan radiologi, tak jarang ada pemberian tugas berupa resume jurnal, terutama resume jurnal teknik radiografi dari sebuah kasus. disini admin memberi sebuah contoh resume jurnal TRD I, yang tak lain merupakan tugas admin pada smester sebelumnya.
nb : bagi mahasiswa ATRO Bali jangan sekali sekali mencoba mengumpulkan resume yang sama persis dengan postingan admin, karena arsip masih ada pada dosen kalian B).

selamat membaca..



OLEH         : I PUTU EKA JULIANTARA
INSTITUSI : ATRO BALI
JURNAL    : Bilateral thinning of the parietal bones: a case report   and review of radiological features


RESUME

Penipisan Parietal bilateral adalah kondisi yang tidak biasa, Beberapa ahli telah menyimpulkan bahwa parietal bilateral thining berkaitan  dengan post-menopausal and senile osteoporosis. jurnal “Bilateral thinning of the parietal bones: a case report and review of radiological features “ merupakan jurnal yang berisi laporan kasus dimana didalamnya terdapat beberapa fitur yang berhubungan dengan radiologi sebagai penunjang diagnose dari kasus yang disajikan. Dalam jurnal tersebut disajikan perempuan tahun 72 yang tidak memiliki riwayat cedera kepala, penyakit radang atau ganas yang disajikan dengan depresi kulit kepala tanpa rasa sakit di daerah parietal bilateral. dalam jurnal dikatakan bahwa wanita tersebut sebelumnya  memiliki riwayat penyakit Parkinson. Dalam diskusi, jurnal tersebut lebih banyak menjelaskan sifat progresif dari penipisan tulang parietal bilateral dan hal hal penyebab terjadinya penipisan tersebut. Bahkan dalam jurnal tersebut dikatakan ketika penipisan itu bersifat progresif akan dapat menimbulkan perforasi pada parietal.
Pada kasus ini Pasien memiliki radiograf skull yang diambil pada usia 66 tahun saat ia didiagnosis dengan depresi kulit kepala di parietal bilateral. Para saat itu radiograf skull wanita tersebut dianggap masih dalam taraf normal. Ada dua proyeksi yang digunakan. Yang pertama dengan Anteroposterior dimana Penggunaan proyeksi AP bertujuan untuk dapat melihat apakah benar terjadi penipisan atau tidak, hal tersebut akan jelas dilihat karena letak tulang parietal yang bilateral pada bagian superior dari ossa. Cranii. Sehingga ketika terjadi penipisan pada bilateral maka akan jelas terlihat cekungan kearah medial-inferior dari tulang parietal tersebut. dan hasilnya pada radiograf AP wanita tersebut menunjukkan depresi halus simetris di setiap tulang parietal. Di tengah depresi ada erosi tulang diploic. Selain itu  terdapat juga Radiograf lateral tengkorak dari wanita tersebut, dimana  proyeksi Lateral dilakukan sebagai perbandingan radiograf untuk menegaskan informasi yang akan diberikan. Pada lateral akan terlihat bagian yang radiousen pada bagian tertentu pada tulang parietal yang akan membedakan kepadatan bagian tulang parietal yang mengalami penipisan atau tidak. Pada radiograf lateral wanita tersebut ditunjukkan daerah radiolusen homogen yang luas tanpa perubahan osteosclerotic marjinal di daerah parietal atas.  Selain itu Untuk mempertegas informasi yang diberikan maka dilakukan scaning dengan CT dimana Aksial computed tomography menampilkan penipisan simetris tulang parietal bilateral dengan kontur relatif mulus dan kulit kepala di atasnya tetap utuh. 


nb : Jurnal terkait bisa di klik pada link di bawah ini.
 http://www.panafrican-med-journal.com/content/article/4/7/full/
monggo dibaca.. :D

Komentar

Anonim mengatakan…
After I initially left a comment I seem to have clicked the -Notify
me when new comments are added- checkbox and from now on whenever a comment is added
I get four emails with the exact same comment. There has to be an easy method you are able to remove me from that service?
Appreciate it!
my site - best place to look for jobs online

Postingan Populer