ALUR MEDIA KONTRAS INTRA VENA



(start : VENA MEDIANA CUBITI)


original writen By : 
I PUTU EKA JULIANTARA_ATRO Bali 2012


Alur media kontras sampai diekskresikan merupakan suatu alur yang panjang dan rumit. Distribusi Waktu maupun jumlah media kontras pada organ tertentu dipengaruhi panjang pendeknya jalur yang dilalui. Dibawah ini adalah jalur distribusi media kontras sampai diekskresikan yang terfokus pada distribusi ke ginjal pasien ( tanpa peredaran ke Organ bagian superior pasien ).
NB : Tanda panah = menuju.


Vena mediana Cubiti à Vena Brachialis à vena axillaris à vena subclavia à vena cava superior à Jantung (atrium kanan) à ventrikel kanan à paru paru melalui arteri pulmonalis à difusi O2 à jantung (Atrium Kiri) melalui vena pulmonalis à Ventrikel kiri à Arcus Aorta (seluruh tubuh bagian superior maupun inferior) à Aorta pars Thoracica (Apabila langsung ke renal) à aorta pars abdominalis à Arteri renalis à masuk ke hilus ginjal à masing-masing bercabang menjadi 5 arteri segmental à arteri lobaris à arteri interlobaris à arteri arcuate à Arteriola aferens à renal cortex à Nephron. Nephron merupakan unit terkecil ginjal yang berfungsi filtrasi, reabsorpsi dan sekresi. Saat media kontras melewati glomerulus, kontras tidak akan difiltrasi, sebaliknya akan diteruskan dalam sistem ekskresi karena merupakan toksin dalam tubuh. Dari glomerulus, media kontras mengalir  à capsula bowman à tubulus contortus proximal à loop of henle ( descendens & ascendens) à Tubulus contortus distal à Tubulus colectivus sampai ke ductus colectivus yang berkumpul membentuk piramida renales. à calyx minor à calyx mayor à pelvis renalis à Ureter à Vesica Urinaria à Uretra. 

Gambar di bawah memberikan penjelasan kepada pembaca yang ingin mengetahui letak anatomis pembuluh darah yang dilewati baik arteri maupun vena.



Gambar di bawah ini menjelaskan jalur Ekskresi yang dilalui media kontras setelah tidak di filtrasi oleh glomerolus sehingga tidak beredar kembali ke dalam peredaran darah, melainkan diekskresikan bersama urine.


Selamat membaca dan mengerti :D

Komentar

Postingan Populer